History

SEJARAH SINGKAT SMK NEGERI 1 ROTA BAYAT

SMK Negeri 1 ROTA Bayat didirikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan dan memperluas akses layanan pendidikan di kabupaten Klaten. Studi kelayakan untuk pengembangan sekolah vokasi di kabupaten yang melahirkan berdirinya SMK Negeri 1 ROTA Bayat sudah dimulai tahun 2006 oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Klaten. Dari hasil studi tersebut diputuskan untuk dilakukan pengembangan sekolah vokasi (SMK) di wilayah kecamatan bayat. Selain lokasi juga ditetapkan bidang / jurusan yang akan dibuka sesuai dengan potensi yang ada.

Untuk merealisasikan program pengembangan unit sekolah baru tersebut, pemerintah kabupaten Klaten (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) mendapatkan support dari kerajaan Qatar melalui Reach Out To Asia (ROTA) dengan difasilitasi oleh Titian Foundation. Reach Out To Asia (ROTA) merupakan sebuah lembaga dari kerajaan Qatar yang bergerak dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan pengembangan masyarakat beralamat di P.O. Box 5825, Qatar Foundation, Doha, Qatar. Sedangkan Titian Foundation merupakan sebuah Lembaga Sosial Kemasyarakatan Indonesia yang berpusat di Jakarta.

Program kerja sama antara ROTA, Titian Foundation, dan Pemerintah Kabupaten Klaten dalam pengembangan SMK di Bayat diawali dengan penandatanganan kesepakatan dan kesepemahaman atau Memorandum of Understanding (MOU) antara ketiganya pada tanggal 10 Agustus 2008. Melalui MoU tersebut disepakati bahwa ROTA berkomitmen untuk membantu pendirian sekolah kejuruan (SMK) baru di Bayat berikut pengadaan perangkat mebelairnya. Titian Foundation berperan sebagai fasilitator yang mengelola kegiatan pembangunan sekolah. Dan pemerintah kabupaten Klaten menyediakan lahan, peralatan teknis pembelajaran, guru dan staf serta perawatan sekolah.

Proses pembangunan gedung sekolah dimulai dengan peletakan batu pertama tanggal 17 September 2008. Pembangunan dimulai dari pembangunan ruang kelas, agar proses kegiatan pembelajaran dapat segera dimulai. Sambil menyelesaikan pembangunan gedung, sumber daya personal juga mulai dipersiapkan. Dan kemudian diikuti dengan proses penerimaan peserta didik baru. Karena belum memiliki kantor sendiri, pada awalnya Kepala Sekolah dan Karyawan berkantor di sebuah bangunan di depan area sekolah bersebelahan dengan kantor Polsek Bayat (sekarang untuk kantor PLN). Begitu pula dengan proses penerimaan peserta didik baru yang pertama.

Sebagai upaya untuk mengenang dan menghargai peran lembaga Reach Out To Asia (ROTA) dalam pengembangan dan pembangunan sekolah, maka nama ROTA ditetapkan sebagai bagian dari identitas sekolah. Sehingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri yang didirikan di wilayah kecamatan Bayat diberi nama SMK Negeri 1 ROTA Bayat.

Untuk menandai mulai beroperasinya sekolah, pada awal tahun pembelajaran 2009/2010 dilaksanakan Soft Opening. Dan SMK Negeri 1 ROTA Bayat mulai menyelenggarakan proses kegiatan belajar mengajar. Sesuai dengan potensi lokal kecamatan Bayat, jurusan / kompetensi keahlian yang dibuka adalah Kriya Tekstil (Batik) dan Kriya Keramik.
Proses pembangunan gedung SMK Negeri 1 ROTA Bayat selesai pada akhir tahun 2009. Peresmian penggunaan gedung Sekolah dilaksanakan dalam Grand Opening tanggal 17 Desember 2009. Gedung yang diresmikan terdiri dari 12 ruang kelas (teori), 1 bengkel / studio Kriaya Tekstil, 1 bengkel / Studio Kriya Keramik, Ruang Kantor, Ruang Guru, Ruang KS, Perpustakaan, Auditorium, Gedung Serba Guna, UKS, Ruang Koperasi Siswa, Ruang Kesiswaan, Galleri, Gues House, musholla, kantin sekolah, lapangan olah raga dan tempat parkir siswa.
Dengan memperhatikan proses pengembangan sekolah tersebut maka ditetapkan tanggal peletakan batu pertama pembangunan gedung sekolah tanggal 17 September 2008 sebagai hari lahirnya SMK Negeri 1 ROTA Bayat.

Pada awal pengembangannya, SMK Negeri 1 ROTA Bayat hanya membuka dua jurusan atau kompetensi keahlian sesuai potensi lokal kecamatan Bayat, yaitu Kriya Tekstil (Kriya Kreatif Batik dan Tekstil) serta Kriya Keramik (Kriya Kreatif Keramik). Masing-masing kompetensi keahlian dibuka dua rombongan belajar. Sehingga sarana dan prasarana pembelajaran yang disiapkan pada saat pembangunan awal (tahun 2009) terbatas untuk dua kompetensi keahlian diatas.

Untuk lebih meningkatkan layanan pendidikan bagi masyarakat, pada tahun pembelajaran 2013/2014 SMK Negeri 1 ROTA Bayat melakukan re-enginering dengan membuka program / kompetensi keahlian Multimedia. Dan pada tahun pembelajaran 2015/2016 melakukan re-enginering lagi dengan menambah satu kompetensi keahlian yaitu Teknik Sepeda Motor. Sehingga pada saat ini SMK Negeri 1 ROTA Bayat memiliki empat kompetensi keahlian; yaitu 1) Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, 2) Kriya Kreatif Keramik, 3) Multimedia dan 4) Teknik Sepeda Motor.

(Muhamad Choiri/14/12/17)